Sabtu, 07 Januari 2017

Pengertian corel Draw

CORELDRAW
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.Ilmu dalam desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

1.    Lingkungan kerja Corel Draw

Keterangan :

•    Menu Bar 
Merupakan barisan perintah dimana menu-menu perintah berada. Kategori-kategori itu adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effect, Bitmaps, Text, Tools, Windows dan Help. Masing-masing kategori memiliki sekumpulan menu. 
•    Tool Bar 
Sekumpulan tool dari beberapa menu yang sering digunakan saat pembuatan desain. 
•    Tool Box 
Sekumpulan menu perintah yang digunakan dalam merancang, mengedit image/objek.
•    Status Bar 
Bar yang menyajikan nilai koordinat posisi pointer cursor pada area kerja. 
•    Page Control 
Merupakan pengendali/pengelola halaman dalam suatu dokumen. Pada Coreldraw dalam satu dokumen dapat di buat/terdiri dari lebih dari satu halaman. 
•    Scroll Bar 
Merupakan bar untuk menggeser halaman beserta paste-boardnya/ area kerja. 
•    Color Pallete 
Merupakan menu untuk mengolah pewarnaan pada objek, secara default tipe warna yang digunakan adalah CMYK Pallete, dan untuk keperluan lain tipe warna ini dapat di ubah. 
•    Ruller Bar 
Merupakan bar yang menunjukkan ukuran dokumen atau objek. Objek yang di desain dapat diatur ukuran menurut bar ruller. 
•    Window Box. 
Merupakan child window yang akan muncul apabila menggunakan/memanfaatkan fasilitas pengeditan object. 


Penjelasan Tool Box
Pick Tool
  • Pick Tool : Mengaktifkan obyek dan untuk melakukan editing dasar dari obyek. Misalnya scaling, rotating, skewing, resizing
Shape Tools
  • Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape( komponen garis dari obyek.
  •  Smudge : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek yang digosok tersebut.
  •  Roughen : Memberikan efek distorsi pada obyek
  • Transform : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing image secara bebas.
Crop Tools
  •  Crop Tool : Digunakan untuk memilih objek yang di crop/di potong.
  • Knife : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek.
  • Eraser : Menghapus bagian yang kita inginkan dari obyek.
  • Virtual Segment delete : Menghapus segmen secara virtual
Zoom Tools
  • Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di monitor.
  • Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.
Curve Tools
  • Freehand Tool : Membuat obyek berupa garis bebas.
  • Bezier  : Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.
  • Artistic Media : Membuat obyek garis dengan berbagai bentuk yang artistik.
  • Pen  : Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secara langsung.
  • Polyline : Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secara langsung.
  • 3-Point curve : Membuat obyek garis dengan kurva 3 point
  • Connector : Membuat obyek garis konektor secara interaktif
  • Dimension : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang kita buat.
Smart Tools
  • Smart Fill Tool : Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan pengaturan.
  • Smart Drawing : Membuat obyek garis secara bebas seperti freehand tool, namun dengan hasil yang lebih bagus.
Rectangle Tools
  • Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.
  • 3-Point Rectangle : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar dengan kemiringan tertentu.
Ellipse Tools
  • Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips.
  • 3-Point Ellipse : Membuat obyek lingkaran atau elips dengan kemiringan tertentu.
Object Tools
  • Polygon Tool : Membuat obyek segi banyak.
  • Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang.
  • Complex Star : Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.
  • Graph Paper : Membuat obyek menyerupai tabel.
  • Spiral Tool : Membuat obyek spiral.
Perfect Shape Tools
  • Basic Shapes : Membuat obyek-obyek dasar.
  • Arrow Shapes : Membuat obyek-obyek anak panah.
  • Flowchart Shapes : Membuat obyek-obyek flowchart.
  • Banner Shapes : Membuat objek-objek banner.
  • Callout Shapes : Membuat obyek-obyek callout (objek isi teks pada komik).
Text Tools
  • Text Tool : Untuk menuliskan kata secara langsung pada layar sebagai paragraph atau artistic teks
Table Tools
  • Table Tool : Membuat tabel.

Interactive Tools
  • Blend : Memberikan efek transformasi dari satu obyek ke obyek lain.
  • Contour : Memberikan efek kontur pada obyek.
  • Distort : Memberikan efek distorsi pada obyek.
  • Drop shadow : Memberikan efek bayangan pada obyek.
  • Envelope : Memberikan efek perubahan bentuk pada obyek.
  • Extrude : Memberikan efek tiga dimensi pada obyek.
  • Transparency : Memberikan efek transparansi warna pada obyek.
Eyedropper Tools
  • Eyedropper : Untuk memilih dan menyalin fill (warna) dari suatu objek pada jendela gambar, yang disertai tampilan code HTML warna
  • Paintbucket : Untuk memberikan warna pada suatu objek setelah Color Eyedropper tool di fungsikan.
Outline Tools
  • Outline Pen : Menetapkan garis besar sifat seperti ketebalan baris, sudut bentuk dan jenis arrow jenis arrow
  • Outline Color : Memilih warna dengan menggunakan color viewerdan palettes.
  • None : Menghapus outline dari objek yang dipilih
  • Hairline : Membuat outline tipis pada sebuah objek
  • ½ PT : Membuat ketebalan outline 0.5 point secara otomatis
  • 1 PT : Membuat ketebalan outline 1 point secara otomatis
  • 2 PT : Membuat ketebalan outline 2 point secara otomatis
  • 8 PT : Membuat ketebalan outline 8 point secara otomatis
  • 16 PT : Membuat ketebalan outline 16 point secara otomatis
  • 24 PT : Membuat ketebalan outline 24 point secara otomatis
  • COLOR : Menetapkan pilihan warna secara detail untuk sebuah gambar yang dipilih

Fill Tools
  • Uniform Fill : Memilih warna isi yang solid untuk suatu benda dengan menggunakan color palettes, color viewer, color harmonies, atau color blends.
  • Fountain Fill : Mengisi objek dengan sebuah gradien warna atau bayangan.
  • Pattern Fill : Menetapkan pola preset pettrn fill ke objek atau membuat pola costum pettern fill.
  • Texture Fill : Menetapkan preset texture fill pada objek untuk menciptakan ilusi dari berbagai tekstur. Seperti air, awan, dan batu.
  • Postrcript Fill : Menerapkan tekstur yang cukup rumit untuk objek
  • None : Menghapus fill pada objek
  • Color : Mengatur pilihan warna pada sebuah objek
Interactive Tools
  • Interactive Fill : Membuat fill secara dinamis dengan menggunakan penanda di halaman gambar dan property bar untuk mengubah sudut, titik tengah, dan warna
  • Mesh Fill : Mengisi sebuah objek dengan pencampuran beberapa warna atau bayangan diatur grid mesh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar